Live Update
covid-19 indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Kereta Api

Kereta Api

 

Apa itu Kereta Api?

Kereta api merupakan bentuk dari transportasi yang berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Gaya gerak kereta api disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. Bentuk bentuk modern kereta api yang paling umum yaitu mesin diesel serta listrik lokomotif yang disediakan oleh kabel overhead atau rel tambahan. Biasanya rel kereta api terdiri atas dua, tiga atau empat rel. Dengan sejumlah monorel serta guideway maglev dalam campuran.

 

Sejarah Kereta Api Dunia

Pada tahun 1769 James Watt menemukan mesin uap. Pada saat yang sama Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga dengan bahan bakar uap yang disebut dengan kuda besi. Oada tahun 1804 Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta. Kemudian George Stephenson menyempurnakan lokomotif tersebut. Lokomotif tersebut memenangi perlombaan balap lokomotif serta digunakan pada jalur Liverpool – Manchester.

Penemuan beberapa peralatan listrik diikuti dengan penemuan motor listrik oleh Michael Faraday kemudian digunakan untuk membuat trem listrik sebagai cikal bakal pembuatan kereta listrik. Rudolf Diesel memunculkan kereta api dengan bermesin diesel yang lebih bertenaga serta lebih efisien dibandingkan dengan lokomotif uap. Ia memunculkan kereta api dengan mesin diesel pada tahun 1892.

Semakin majunya perkembangan teknologi kelistrikan dan magnet maka dibuatlah kereta api magnet dengan kecepatan melebihi kecepatan kereta api biasa. Pada tahun 1960 an, Jepang mengoperasikan kereta api super ekspress Shinkanzen dengan rute Tokyo – Osaka. Kemudian dikembangkan kembali sehingga dapat menjangkau hampir di seluruh Jepang. Prancis juga mengoperasikan kereta api serupa dengan nama TGV.

 

Sejarah Kereta Api Indonesia

Kereta api pertama yang hadir di Indonesia dimulai sejak tanam paksa sampai sekarang. Pada awalnya perkereta apian di Indonesia bertujuan untuk mengangkut hasil bumi dari system tanam paksa yang diperlakukan oleh van den Bosch pada tahun 1825 – 1830. Selain itu alasan lain yang mendukung adanya perkereta apian di Indonesia karena pengunaan jalan raya yang sudah tidak optimal pada masa itu. Akhirnya J.H.R van der Wijck mengajukan tentang pembangunan jalur kereta api di Hindia Belanda.

Pada tahun 1867 kereta api di bangun pertama kali yang bertempat di Semarang dengan rute Semarang – Tanggung oleh NISM, N.V. (Nederlands-Indische Spoorweg Maatchappij) atas permintaan raja Willem I untuk kepentingan militer serta hasil bumi ke Gudang Semarang. Pada tahun 1876 pemerintahan kolonial Belanda membangun berbagai jaringan kereta api untuk melayani kebutuhan pengiriman hasil bumi dari Indonesia. Dengan muara pada elabuhan Tanjung Priok serta Tanjung Perak Surabaya. Meskipun Semarang memiliki tempat yang strategis tetapi tidak ada pelabuhan untuk barang. Sehingga barang dikirim ke Batavia atau Soerabaja.

2 thoughts on “Kereta Api

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *