Melihat Perkembangan Kereta Api di Indonesia

Melihat Perkembangan Kereta Api di Indonesia

 

Bicara tentang alat transportasi umum, Kereta api adalah salah satu alat transportasi yang banyak memiliki sejarah yang berhubungan dengan Kemerdekaan Indonesia. Karena keberadaanya sudah jauh sebelum Indonesia Merdeka.

Dalam suatu catatan sejarah , kereta api sudah membantu masyarakat bahkan sudah sejak pada era kolonial, tepatnya pada saat Tanam Paksa.

Melihat dari semboyan “ jasmerah” pada pidato sang proklamator Indonesia ( Ir. Soekarno) dalam rangka memperingati hari jadi Indonesia pada tahun 1966 , kita “ jangan sekali kali melupkan sejarah” apalagi menyangkut dengan sejarah perkeretaapian di indonesia yang sudah banyak membantu mesyarakat dalam hal transportasi.

Oleh karena itu sekarang sempatkan waktu Anda untuk melihat perkembangan Kereta Api di Indonesia dari jaman dulu hingga sekarang.

 

Baca juga: Kereta Api

 

Pada tahun 1867, operasional perdana kereta api di indonesia Berdasarkan catatan sejarah. Pertama kali kereta api di operasikan pada hari sabtu tanggal 10 Agustus 1867 . perjalanan pertama ini menghubungkan Desa Kemijen di semarang timur dengan Desa tanggungharjo di Kabupaten grobogan,Jawa tengah

Panjang jalurnya pada waktu itu mencapai 27 km .pada awal pertama kereta api di jalankan kereta apai singgah di stasiun Alas Tua dan Stasiun Brumbung sebelum berhenti di tujuan akhirnya. Tujuannya untuk memajukan mobilitas hasil bumi Belanda dan kebutuhan Militer di Kota Semarang pada waktu itu.

Pulau  jawa yang banyak mempunyai jalur kereta api terlengkap pada masa kolonial Belanda. Disana merupakan pusat penjajahan Belanda dibandingkan dengan pulau lainnya.  Selama masa penjajahan Belanda rajin membuka jalur kereta api baru di sepanjang pulau jawa untuk memudahkan mobilitas mereka.

Hal ini menjadikan pulau Jawa sebagai jalur transportasi terlengkap yang ada pada masa itu, Kota – kota disna sudah banyak tercatat bisa terhubung melalui jalur kereta api, bahkan sudah tecratat sebelum proklamasi.

Pada tahun 1925 , Kereta listrik pertama beroperasi di Indonesia dengan tegnologi tersebut kereta api juga menggunakan lokomotif yang berdeda dari sebelumnya yakni menggunakan tipe ESS 3201 dan beroprasi pertama kali di daerah jabodetabek.

 

Kereta Api Indonesia dari Waktu ke Waktu

Pada awal mulanya kereta listrik memiliki julukan “si Bon-Bon” atau “Djokotop” sepanjang tahun 1926 sampai pada 1970 an si Bon-Bon melayani masyarakat umum, Dari relasi tanjung priok sampai Jatinegara (dulunya berna Meester Cornelis) dan setelah itu berlanjut melayani tujuan depok sampai bogor . Menariknya simtem transportasi yang ada di indonesia waktu itu menjadi tonggak bermulanya transportasi modern yang ada di Asia.

Tahun 1953, dieselisasi ikut meramaikan perindustrian kereta api di Indonesia. Perkembangan selanjutnya tercatat pada tahun 1953 pada waktu itu terjadi dieselisasi dimana lokomitif Uap beralih menjadi lokomitif Deisel. Dengan di tandai datangnya Lokomotif CC200 ke indonesia dari Amerika.

Tercatat lokomotif General Electric pada tahun 1953 menjadi yang pertama dengan kabin ganda di Indonesia. Kereta itu juga berjasa mengangkut rombongan Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955 yang terlaksana di Kota Bandung.

Pada usia kurang lebih 1,5 abad saat ini, diusia semakain sepuh tersebut eksistansi perkeretaapin di Indonesia malah semakin berkembang . Hal ini di tandai dengan pembukaan jalur baru kereta api di berbagai pulau di tanah air dengan proyek peningkatan infrastuktur.

Disisi lain perkembangan yang semakin pesat juga ada pada sistem pemesanan tiket. Saat ini proses pemesanan tiket kereta sudah semakin mudah dan cepat berkat adanya kecanggihan tegnologi. Salah satu contohnya dapat anda lihat di fitur-fitur aplikasi Traveloka, yang menawarkan fitur pemesanan tiket dengan proses mudah.

 

 

 

(Source; Historia)

3 thoughts on “Melihat Perkembangan Kereta Api di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *