Live Update
covid-19 indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

Railfans

Railfans

 

Railfans Melakukan Perjalanan ke Jogja untuk Hunting (Foto: Istimewa)

Railfans atau yang biasa disebut dengan pecinta kereta api merupakan sekumpulan orang yang menyukai atau mencintai semua hal tentang perkereta apian. Railfan ada di berbagai belahan dunia tanpa mengenal usia, baik itu anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kecintaan seseorang terhadap kereta api. Salah satunya yaitu karena rumahnya dekat dengan rel kereta api, sering diajak naik kereta api. Selain itu karena faktor pekerjaan serta factor teknis dari bagian-bagian kereta api.

Awal diciptakannya kereta api banyak menyedot perhatian dari semua manusia. Pengembangan teknologi kereta api mulai melesat pada tahun 1803. Ketika pada tahun 1804 bulan Februari lokomotif berhasil mengangkut 10 ton besi, 70 orang serta 5 kereta tambahan dengan jarak 9 mill dan membutuhkan waktu dua jam untuk itu.

Pengembangan terus berlanjut sampai pada tahun 1825, perusahaan KA Stockton dan Darlington Railroad Company mengoperasikan kereta api secara komersial. Kereta ini membawa barang serta penumpang dengan menggunakan lokomotif yang di rancang oleh George Stephenson dari Inggris. Hal ini menanndai hubungan antara kereta api dan manusia.

John Backhouse melakukan perjalanan perdananya dengan kereta api pada tahun 1825 dan saat itu juga dia terpesona dengan kereta api yang dinaikinya. Sehingga dia menulis surat kepada saudaranya untuk mengungkapkan rasa kagumnya pada kereta tersebut. Surat dari John Backhouse ini memberi catatan penting tentang keberadaan pecinta kereta api yang ada di seluruh dunia. Dan dia dapat disebut dengan railfans pertama.

Baca juga: Apa itu Railfans?

Railfans dan Aktivitasnya

Railfans atau pecinta kereta api ini sudah ada sejak zaman kereta masih menggunakan bahan bakar kayu, batu bara serta residu. Kecintaan terhadap kereta api sudah mandarah daging. Mayoritas orang yang menyebut dirinya Railfans itu adalah para remaja serta anak-anak. Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa apa yang menarik dari kereta api sampai ada yang menyukai atau gemar pada kereta api.

Di Indonesia sendiri railfans sudah lama muncul sejak lokomotif uap. Bahkan railfans dari mancanegara sengaja datang ke Indonesia hanya untuk sekedar mengabadikan lokomotif tua yang sekarang ini sudah di museumkan. Kebanyakan railfans menyukai fotografi atau videografi.

Baca juga: Railfans Satu Rel (RSR) Hunting

Tetapi tidak semua nya menyukai hal tersebut. Ada beberapa railfans yang menyukai traveling menggunakan KA, games kereta api, sejarah kereta api serta ilmu tentang teknik KA. Ada juga dari beberapa orang yang menyukai kereta api berawal dari empati, menyukai pelayanannya, keamanan serta ketepatan waktunya.

Sekarang ini ada beberapa komunitas yang melakukan kegiatan tertentu seperti sosialisasi di stasiun serta di perlintasan KA yang rawan dengan penyerobotan pintu palang. Hal ini dianggap positif oleh semua masyarakat serta dinas yang terkait.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *