Live Update
covid-19 indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal

4 Tips Menjadi Railfans yang Baik Saat Hunting

4 Tips Menjadi Railfans yang Baik Saat Hunting

 

 

Hunting merupakan suatu kegiatan dimana dalam implementasinya anda memburu suatu objek yang telah ditentukan. Hunting foto artinya anda memburu suatu objek untuk mendapatkan momen berupa foto. Di kalangan Railfans, hunting foto adalah kegiatan yang paling sering dilakukan. Bedanya dengan hunting foto lain, kegiatan Railfans dalam hal ini adalah mendapatkan foto kereta atau apapun yang berkaitan dengan kereta api. Bahkan, Railfans akan menghafal jadwal kereta agar memiliki kesempatan mengambil foto yang tepat sasaran dan sesuai harapan.

Railfans bisa keluar kota, atau pergi mblusukan—menyusuri jalur rel kereta api non aktif baik untuk hunting foto sekaligus mendalami sejarah perkeretaapian. Mengingat UU Tahun 2007 yang menyatakan bahwa rel adalah area steril dan terlarang, maka Railfans perlu menjaga keamanan dan keselamatan baik untuk dirinya maupun orang-orang sekitarnya dengan menjadi Railfans yang baik.

Untuk menjadi Railfans yang baik maka sebagai seorang Railfans perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

 

Mempersiapkan Kebutuhan Hunting Foto

Siapkan segala perlengkapan hunting foto yang dibutuhkan meliputi kamera, handphone, power bank, sampai kebutuhan konsumsi seperti minuman dan cemilan. Adanya persiapan dapat menunjang kegiatan hunting foto menjadi lebih nyaman dan menjamin stamina anda tetap terjaga.

 

Menjaga Etika saat Hunting Foto

Ketika melakukan hunting foto, jangan lupa bertegur sapa dengan masyarakat sekitar. Patuhi aturan sesuai UU yang telah berlaku. Utamakan keselamatan dibanding tindakan nekat anda. Memanjat tower listrik, menyebrangi terowongan rel kereta api, berlarian melewati rel kereta, terlebih berjalan di atas rel kereta api aktif. Anda dapat mengangkat satu tangan kanan anda, itu merupakan tindakan terbaik untuk mendapat perhatian positif dari masinis. Jangan tindakan anda sampai malah mencoret nama baik Railfans itu sendiri. Railfans yang baik mampu membantu.

 

Rencanakan Jadwal Hunting secara Matang

Persiapkan catatan khusus berisi jadwal datangnya kereta dan area kereta api yang akan anda tuju. Kemudian sesuaikan dengan jadwal hunting foto yang akan anda lakukan. Hal ini memberikan banyak manfaat diantaranya  anda sudah dapat menggambarkan akan seperti apa spot foto kereta yang akan anda peroleh dengan menjamin keselamatan. Misalnya, anda dapat menggambungkan konsep foto dengan panorama alam sekitar tanpa harus membahayakan nyawa dengan foto jarak dekat dan tanpa rencana. Selain itu, anda dapat meluangkan waktu hunting anda untuk beribadah serta makan. Anda dapat mengajak beberapa teman dari Railfans untuk pergi hunting bersama agar meningkatkan kewaspadaan terhadap cepatnya kereta melaju.

 

Menjaga Lingkungan Sekitar

Sebagai penggemar kereta api, bantulah lingkungan sekitar kereta agar tetap terlihat bersih dengan memungut sampah dan membuangnya, minimal anda harus menjaga kebersihan untuk anda sendiri.

 

Poin penting yang harus dipahami adalah jika anda seorang Railfan yang baik maka ciptakan dan pertahankan persepsi baik masyarakat terhadap kereta api melalui aktivitas positif komunitas anda.  Bagaimanapun, Railfans yang baik merupakan Railfans yang mampu mempersatukan semua pihak, antara pelayanan kereta api dan masyarakat. Buatlah kereta api menjadi berarti karena Railfans. Begitupun sebaliknya. Seperti sebuah keluarga, keutuhan harus selalu terjaga dengan mempertahankan nilai-nilai luhur mencakup nilai agama, norma, sampai etika.

 

One thought on “4 Tips Menjadi Railfans yang Baik Saat Hunting”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *